Bandung Selatan

Bandung Selatan

Bandung selatan lebih dikenal sebagai sentra kegiatan agro wisata (pertanian dan perkebunan teh di Rancabali, Ciwidey, Malabar, Pangalengan dan Gununghalu), Wisata Tirta (Situ Patenggang dan Situ Cileunca) dan Wana Wisata (Kawah Kamojang, kawah Putih dan air panas Cimanggu).

 

Daerah Wisata Ciwidey merupakan daerah tujuan wisata yang cukup lengkap di Bagian Selatan Kabupaten Bandung, di samping Pangalengan dengan objek wisata Situ Cileunca-nya, Agro wisata Malabar, dan objek objek wisata lainnya.

Berikut adalah beberapa tempat wisata yang ada di Bandung bagian selatan:

-. Situ Patengan

-. Kawah Putih

-. Ranca Upas

-. Kebun Strawberry

-. Situ Cileunca

Dan lainnya..

Situ Patengan atau sering disebut juga Situ Patenggang merupakan sebuah danau alam yang indah. Setelah melewati jalan yang meliuk-liuk di area perkebunan teh Ranca Bali selepas objek wisata Kawah Putih dan Ranca Upas, anda akan sampai di danau ini. Situ Patengan bisa dikatakan ujung dari rangkaian objek wisata yang terletak di pegunungan Ranca Bali.

 

 

Mengunjungi tempat ini sebaiknya di pagi hari, pantulan cahaya matahari dan sejuknya udara pegunungan akan membuat anda betah berada di tepian danau, anda bisa mencoba bersepeda air dengan pasangan anda, atau menaiki perahu menuju ke Batu Cinta sambil mengelilingi danau dengan tarif sekitar Rp. 15.000 / orang. Di sore hari biasanya kabu tebal turun, susana menjadi gelap dan pandangan tertutup, tetapi danau tetap memberikan sensasi keindahannya.

 

 

Transportasi & Akomodasi.

Situ Patengan berjarak sekitar 47 Km dari pusat kota Bandung, atau berjarak sekitar 5 Km dari lokasi objek wisata Kawah Putih. Lihat peta rute jalan Bandung menuju Kawah putih mungkin bisa membantu anda. Apabila anda ingin menggunakan kendaraan umum, anda harus menuju terminal Ciwidey menggunakan Bus atau Elf dari terminal Leuwi Panjang dengan tarif sekitar Rp. 6.000, kemudian dilanjutkan menggunakan angkot langsung ke pintu masuk Situ Patengan (banyak terdapat di terminal Ciwidey) dengan tarif sekitar Rp.10.000.

Untuk menuju kota Bandung saat ini sudah dapat ditempuh dengan menggunakan pesawat terbang dari Jakarta, Bali, Medan atau bahkan dari Kuala Lumpur Malaysia dan Singapura.

Terdapat beberapa hotel yang cukup memadai di sekitar Ciwidey seperti Sindang Reret, Bungalow Kampoeng Strawberry dan penginapan lainnya. Untuk fasilitas yang lebih lengkap, anda bisa mencarinya di kota Bandung. Kami menyarankan anda untuk terlebih dahulu mencari & membooking hotel yang anda inginkan beberapa hari sebelum keberangkatan. Beberapa foto diambil dari Situ Patengan, klik untuk memperbesar.

Kawah Putih.

 

Dari rangkaian objek wisata yang terdapat di kawasan hutan pegunungan Ciwidey tapatnya Ranca Bali, kabupaten Bandung, Kawah Putih adalah yang pertama akan anda lewati apabila anda melakukan perjalanan dari kota Bandung. Kawah putih memberikan pesona pemandangan yang indah dan khas, tidak mengherankan apabila tempat ini juga sering digunakan untuk tempat berfoto, baik amatir maupun profesional untuk untuk keperluan foto pre-wedding / pernikahan atau keperluan lainnya.

 

Gerbang menuju kawah putih, klik pada gambar untuk memperbesar foto..

 

Jarak dari pintu masuk sampai dengan kawah sekitar 5 Km atau 15 menit menggunakan kendaraan roda empat. Anda dapat menggunakan kendararaan umum disebut untang anting yang disediakan oleh pengelola tempat wisat dengan tarif Rp. 10.000 PP / Orang, atau membawa kendaraan sendiri sampai ke bibir kawah. Untuk mobil yang ingin langsung masuk sampai ke kawah tersebut dikenakan biaya Rp. 150.000 / kendaraan belum termasuk tiket masuk sebesar Rp. 25.000 / orangnya.

Jalan menuju kawah cukup sempit dan menanjak terjal, anda harus berhati-hati apabila berpapasan dengan kendaraan lain karena jalan hanya cukup untuk satu mobil saja sehingga harus menepi ke bibir jalan, juga kendaraan untang-anting yang ada kadang menjalankan kendaraan dengan kecepatan cukup tinggi sehingga berbahaya. Saran kami anda cukup memarkir kendaraan di area parkir yang ada di pintu masuk dan menggunakan fasilitas kendaraan umum untang-anting yang ada. Namun semua itu dikembalikan kepada anda tentunya.

 

 

Memasuku kawasan kawah putih anda akan menuruni beberapa anak tangga menuju kawah, perlu diperhatikan bahwa kadar belerang di kawah ini cukup tinggi sehingga terkadang cukup membuat anda merasa tidak nyaman saat bernafas, sebaiknya bawalah menutup hidung / syal atau saputangan, atau anda bisa membeli alat penutup hudung yang banyak dijajakan oleh pedagang asongan dengan harga sekitar Rp. 5.000.

Keunikan kawh putih yang terkenal ialah kawahnya bisa beganti-ganti warna sesuai dengan kadar belerang yang ada di dalam air kawah, dari putih, kehijauan sampai dengan coklat. Warna kawah juga kadang mempengaruhi warna tebing batu yang ada di depannya karena pengaruh refraksi cahaya, warna-warna ini sangat indah untuk diabadikan dalam sebuah foto.

 

Transportasi & Akomodasi.

Kawah putih berjarak sekitar 44 Km dari pusat kota Bandung, lihat peta rute jalan Bandung menuju Kawah putih mungkin bisa membantu anda. Apabila anda ingin menggunakan kendaraan umum, anda harus menuju terminal Ciwidey menggunakan Bus atau Elf dari terminal Leuwi Panjang dengan tarif sekitar Rp. 6.000, kemudian dilanjutkan menggunakan angkot langsung ke Kawah putih (banyak terdapat di terminal Ciwidey) dengan tarif sekitar Rp.5.000.

 

Untuk menuju kota Bandung saat ini sudah dapat ditempuh dengan menggunakan pesawat terbang dari Jakarta, Bali, Medan atau bahkan dari Kuala Lumpur Malaysia dan Singapura.

 

Terdapat beberapa hotel yang cukup memadai di sekitar Kawah putih dan Ciwidey seperti Sindang Reret, Bungalow Kampoeng Strawberry dan penginapan lainnya. Untuk fasilitas yang lebih lengkap, anda bisa mencarinya di kota Bandung. Kami menyarankan anda untuk terlebih dahulu mencari & membooking hotel yang anda inginkan beberapa hari sebelum keberangkatan.

Beberapa foto diambil dari Kawah Putih, klik untuk memperbesar.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ranca Upas

Bumi Perkemahan Ranca Upas.

 

Ranca Upas terletak tidak terlalu jauh dari pintu masuk objek wisata Kawah putih. Tempat ini merupakan sebuah arena perkemahan yang banyak ditumbuhi pohon ekaliptus dan terdapat penangkaran rusa. Berbeda dengan binatang yang ada di Kebun Binatang Bandung, rusa dibiarkan hidup bebas di area yang cukup luas, dimana terdapat bangunan kayu memanjang untuk pengunjung dapat mengamatinya. Udara di sini dingin dan segar, hening dan jauh dari kebisingan dan polusi kota besar.

 

 

Ranca upas sudah dilengkapi oleh fasilitas yang cukup memadai seperti kamar mandi umum dan sarana beribadah Mesjid. Juga terdapat arena outbound dan penyewaan kendaraan ATV.

Di akhir pekan banyak terdapat mobil dengan tenda yang menginap di sini, sepertinya merupakan alternatif liburan lain selain menginap di hotel. Anda ingin menikmati dinginnya udara Ciwidey, segarnya udara pegunungan dengan pemandangan yang indah? Silahkan mencobanya..

Transportasi & Akomodasi.

Bumi perkemahan Ranca Upas berjarak sekitar 41 Km dari pusat kota Bandung, tidak terlalu jauh dari lokasi objek wisata Kawah Putih. Lihat peta rute jalan Bandung menuju Kawah putih mungkin bisa membantu anda. Apabila anda ingin menggunakan kendaraan umum, anda harus menuju terminal Ciwidey menggunakan Bus atau Elf dari terminal Leuwi Panjang dengan tarif sekitar Rp. 6.000, kemudian dilanjutkan menggunakan angkot langsung ke pintu masuk bumi perkemahan (banyak terdapat di terminal Ciwidey) dengan tarif sekitar Rp.5.000.

Untuk menuju kota Bandung saat ini sudah dapat ditempuh dengan menggunakan pesawat terbang dari Jakarta, Bali, Medan atau bahkan dari Kuala Lumpur Malaysia dan Singapura.

Terdapat beberapa hotel yang cukup memadai di sekitar Ciwidey seperti Sindang Reret, Bungalow Kampoeng Strawberry dan penginapan lainnya. Untuk fasilitas yang lebih lengkap, anda bisa mencarinya di kota Bandung. Kami menyarankan anda untuk terlebih dahulu mencari & membooking hotel yang anda inginkan beberapa hari sebelum keberangkatan.Beberapa foto diambil dari Ranca Upas, klik untuk memperbesar.

 

Kebun Strawberry

 

Wisata petik strawberry saat ini merupakan wisata yang sangat digemari oleh wisatawan.

 

Strawberry merupakan produk agrowisata unggulan dari kabupaten Bandung, khususnya di daerah Ciwidey. Di daerah ini terdapat banyak sekali kebun strawberry tradisional sampai dengan kebun dengan pengelolaan profesional. Anda bebas memilih kebun mana yang anda senangi dan memetik sendiri langsung.

 

Traveler Tips : Strawberry kualitas baik justru terdapat di luar musim hujan, karena sifatnya yang mudah rusak / busuk jika sering terkena air hujan. Apabila anda berkunjung di saat musim hujan, sebaiknya memilih kebun strawberry yang tertutup / menggunakan green house.

 

Cimanggu

Daerah Ciwidey sangat kaya dengan sumber air panas alami. Salah satunya dimanfaatkan oleh perum perhutani sebagai kolam renang Cimanggu. Kolam Cimanggu memiliki fasilitas parkir yang luas, tempat bermain anak-anak, dll.

 

Ciwalini

Seperti halnya Cimanggu, Ciwalini juga memanfaatkan pelimpahnya sumber mata air panas alam. Kolam renang ini berada di lingkungan perkebunan teh Walini yang sejuk.

 

Traveler Tips : Cimanggu kolam dan area parkirnya luas + dilengkapi dengan tempat bermain anak-anak, tetapi ciwalini memiliki air yang lebih jernih..

 

Situ Cileunca

Situ Cileunca adalah sebuah danau yang ada di daerah Pangalengan. Danau ini merupakan danau buatan yang luasnya 1.400 Hektar dengan dikelilingi bukit-bukit dan berlatar belakang pegunungan.

Selain berfungsi sebagai objek wisata yang menarik, situ Cileunca juga berfungsi sebagai sumber air bagi pembangkit tenaga listrik. Air dari danau dialirkan melalui sungai Palayangan, yang juga sering digunakan sebagai arena ber-arung jeram / rafting.

 

Pekebunan Teh Malabar

Gunung Malabar yang memiliki pesona alam perkebunan teh dengan udara yang sejuk alami, sangatlah cocok untuk kegiatan olah raga jalan kaki / tea walk sambil ber rekreasi. Di tengah-tengah perkebunan terdapat macam-macam bangunan kuno yang masih terawat dengan baik, seperti guest house, perumahan administratur perkebunan pada masa penjajahan sampai dengan makam K.A.R. BOSSCHA.

Pemandian Air Panas Cibolang

Sebuah wana wisata pemandian air panas alam yang terletak di dalam hutan rimba berbatasan dengan kebun teh. Terletak di kaki gunung Wayang pada ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut, dengan suhu berkisar 18 derajat celcius. Sangat cocok untuk wisata keluarga dengan fasilitas yang cukup lengkap.

Leave a Reply